Di Pasar Ini Daging Tikus Lebih Favorit Dari Daging Ayam

Rabu, 02 Jan 2019 | 14.00 WIB

Di Pasar Ini Daging Tikus Lebih Favorit Dari Daging Ayam

ilustrasi tikus (pixabay)



Centroone.com - Musim liburan di Kumarikata, negara bagian Assam, India identik dengan pesta daging tikus. Ya, saat musim liburan daging tikus jadi salah satu menu favorit di wilayah yang terletak di timur laut India tersebut.  Baik direbus, digoreng, atau dimasak dengan bumbu pedas, daging tikus lebih populer daripada ayam atau babi. 

Dilaporkan DNA India- sajian dengan daging tikus menjadi idola para pengunjung pasar minggu Kumarikata, tidak terkecual tikus panggang.  Pengunjung bisa mendapatkan ratusan tikus yang baru ditangkap dan siap dimakan.   Tikus - tikus itu sendiri adalah hasil buruan para petani, yang memburu hewan tersebut untuk mencegah tanaman mereka rusak. Kebanyakan ladang petani tersebut berada di daerah yang berbatasan dengan Bhutan.  

Tikus sendiri juga menjadi sumber pendapatan utama warga Adivasi yang tergolong miskin. Mereka yang  kesulitan dalam mencari penghidupan selain dengan bekerja di perkebunan teh di Assam, memilih berburu tikus. Di musim dingin, ketika tidak ada aktivitas memetik daun teh, Warga Adivasi menggunakan mangkuk nasi untuk menjebak tikus dan kemudian menjualnya ke pasar. 

Daging tikus per kilogram dijual dengan harga US $ 2,8, dimana harga itu sama dengan harga daging ayam atau babi. by