Dibantu Drone, Pastikan Bahan Penyemprotan Disinfektan Aman

Selasa, 24 Mar 2020 | 20.00 WIB

Dibantu Drone, Pastikan Bahan Penyemprotan Disinfektan Aman

drone yang digunakan dalam penyemprotan disinfektan di Surabaya (pemkotSurabaya)


Centroone.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memaksimalkan penyemprotan disinfektan di jalanan dan kampung-kampung di Kota Surabaya dengan memanfaatkan drone.  Dipimpin langsung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini  penyemprotan oleh drone itu dilakukan di jalanan dan Kampung Kebangsren Kecamatan Genteng Kali, Surabaya, Senin (23/3/2020). 

Dengan menggunakan drone, Risma - sapaan akrab Wali Kota -  berharap penyebaran cairan disinfektan bisa lebih massif ke berbagai penjuru kota   Menurut Wali Kota Risma, sebenarnya alat drone itu digunakan untuk pertanian. Cara ini dinilai sangat efektif untuk menyemprot wilayah perkampungan mengingat banyak kabel yang bergelantungan. 

Risma juga memastikan bahwa akan mengerahkan semua resource untuk mengejar waktu dalam mengantisipasinya. “Untuk menekan lebih banyak korban, kita kerahkan cara apapun. Makanya kita dikejar waktu,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran NPC Lab M. Teguh Alimudin mengatakan drone yang digunakan untuk menyemprotkan disinfektan kali ini memiliki enam baling-baling (hexacopter) dengan berat 50 kilogram. Drone ini dapat menampung kapasitas air sebanyak 20 liter. “Kali ini kita isi desinfektan sesuai batas maksimal yaitu 20 liter, dan ini lebih bisa menjangkau kemana-mana,” ungkapnya. 

Sementara Pemkot Surabaya juga memastikan kandungan yang digunakan dalam bahan penyemprotan disinfektan aman, baik untuk lingkungan maupun manusia. Sebab, kandungan Benzalkonium Chloride yang terdapat dalam bahan tersebut, juga umum digunakan dalam produk antiseptik, seperti sampo, sabun, dan obat tetes mata.

Kepala Bidang Peternakan dan Penyuluhan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Meita Irene Wowor mengatakan, kandungan Benzalkonium Chloride tersebut biasa digunakan dalam produk sehari-hari yang dipakai manusia. "Bahan Benzalkonium Chloride ini umum digunakan sebagai bahan antiseptik dan disinfektan. Mulai obat tetes mata, sampo, dan hand sanitizer," kata Meita, Selasa (24/03/2020).

Meita menjelaskan, kandungan Benzalkonium Chloride ini dapat berfungsi untuk membunuh jamur, virus, serta mikroorganisme yang lain. Bahan tersebut merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai antiseptik jika digunakan dalam konsentrasi rendah. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai disinfektan jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

"Kalau secara keamanan, baik untuk lingkungan ataupun manusia, yang punya kita (produksi mandiri) ini lebih ramah. Jadi, kita pastikan aman baik dari sisi konsentrasinya maupun bahannya," katanya. bbs